Kaana & Saudara-saudaranya


كـان وأخواتــها
Kaana wa Akhwatuha

Contoh

1- الزُّحَــامُ شَدِيْــدٌ          1- كَانَ الزُّحـَـامُ شَدِيْــداً.
2- البَيْتُ نَظِيْــــفٌ.         2- كَانَ البَيْتُ نَظِيْــــفاً.
                        ****
3- الثَّوْبُ قَصِــــيْرٌ .       3- صَارَ الثَّوْبُ قَصِـــيْراً .
4- البَرْدُ قَــــارِسٌ .        4- صَارَالبَرْدُ قَــــارِساً.
                                   ****
5- الخَادِمُ قَــــوِيٌ.        5- صَارَالخَادِمُ قَــــوِياً.
6- العَامِلُ نَشِيْـــطٌ .       6- لَيْسَ العَامِلُ نَشِيْـــطاً .
                        ****
7- النَهْمُ مَرِيْـــضٌ .       7- أَصْبحَ النَهْمُ مَرِيْـــضاً .
8- الــــجَوُّ مُمْطِرٌ .        8 - أَصْبَحَ الــجَوُّ مُـمْطِراً .      
                        ****
9- العَامِـلُ مُتْعَـبٌ .       9- أَمْسَى العَامِلُ مُتْـــعَباً .
10- الزَّهْرُ ذَابِــلٌ .       10-أَمْسَى الزَهْـرُ ذَابِــلا ً.
                        ****
11-الغَمَامُ كَثِيْــفٌ .      11- أَضْحَى الغُمَامُ كَـثِيْفـاً .

12- الشَّارِعُ مُزْدَحِمٌ .    12- أَضْحَى الشَّارِعُ مُزْدَحِماً .

                        ****
13- المَطَرُ غَــزِيْرٌ .      13- ظَلَّ المَطَرُ غَزِيْـــراً .
14- الغُبَارُ ثَــائِرٌ .        14- ظَلَّ الغُبَارُ ثـَـائِراً.
15- المِصْبَاحُ مُتَّقِـدٌ .     15- بَاتَ المِصْبَاحُ مٌتَّقِداً .
16- المَرِيْضُ مٌتَأَلِّـمٌ.      16- بَاتَ المَرِيْضُ مُتَأَلِّماً

Pembahasan
Semua jumlah di bagian kanan terdiri dari mubtada dan khobar marfu' sebagaimana yang telah dipelajari sebelumnya. Jika diperhatikan jumlah di bagian kiri di atas, maka didapati كان-صار-ليس-أصبح-أمسى-أضحى-ظل-بات- sebelum setiap jumlah. Jika diperhatikan seksama, maka ditemukan bahwa ism yang pertama (mubtada`) tetap marfu' (dhommah di akhir) dan ism kedua mansub (fathah di akhir). Perubahan di ism kedua ini terjadi jika sebuah jumlah didahului kata kerja (af'al) sebagaimana di atas. Maka jika af'al (kaana wa akwatuha) ini terdapat sebelum mubtada dan khobar, maka dirofa'kan ism yang pertama (mubtada) dan disebut sebagai ism-nya (ism kaana, ism shooro, ism laisa, dst). Sementara ism yang kedua (khobar) dinashobkan maka menjadi khobar kaana, khobar, shooro, khobar laisa, dst. 

- Kaana berfungsi untuk menyifati mubtada dengan khobar di masa yang telah lalu (maadhi).
- Shooro menunjukkan perubahan mubtada dari satu keadaan ke keadaan lainnya.
- Laisa berfungsi sebagai peniadaan
- Adapun ashbaha, amsaa, adhaa, dzolla, baata, mempunyai fungsi sebagai penyifatan mubtada dengan khobar di waktu pagi, sore, dhuha, siang, dan malam. 

Kaidah
- Jika kaana wa akwatuha mendahulu mubtada dan khobar, maka di-rofa'-kan yang pertama sebagai ism-nya, dan di-nashob-kan yang kedua sebaga khobar-nya.
- Shooro, laisa, ashbaha, amsaa, adhaa, dzolla, baata, disebut sebagai akwhatu kaana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.